Pencarian Favorit:

Senin, 12 Desember 2016

Inilah Cara Mengatasi Karakter Anak Yang Sangat Suka Meniru


Inilah Cara Mengatasi Karakter Anak Yang Sangat Suka Meniru - Setiap anak diciptakan memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang memiliki karakter dan sifat yang Banyak Bergerak dan Tidak Mau Diam ada juga yang memiki karakter yang sangat suka meniru. Seorang anak biasanya suka meniru orang dewasa atau orang yang lebih tua dari mereka, terutama kedua orang tuanya dan para pengajarnya, baik dalam hal kebaikan maupun keburukan. Jika dia melihat ayahnya shalat, maka dia pun berusaha menirunya untuk melakukan shalat, bila ayahnya merokok, ia juga akan berusaha merokok, begitu juga dengan perbuatan lainnya.

Sesuai dengan tema kita mengenai Cara Mengatasi Karakter Anak Yang Sangat Suka Meniru, inilah beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Kita bisa memulai dengan cara menceritakan kepada anak-anak kita mengenai kisah-kisah para sahabat Nabi, orang-orang saleh, para ulama dan teladan lain agar ia dapat meniru sikap dan tauladan mereka, sehingga dapat membentuk karakter mereka
  2. Melibatkan dan mengikut sertakan mereka dalam setiap perbuatan yang baik agar ia dapat menirunya, seperti pergi bersamanya ke masjid atau kerumah ibadah. Hal ini juga dapat membentuk karakter mereka.
  3. Tidak duduk didepan televisi untuk menyaksikan film-film seperti Ninja dan Spiderman agar nantinya ia tidak harus malu bila gagal mencontoh mereka atau mencoba loncat dari jendela untuk meniru tokoh kartun Spiderman favoritnya.
  4. Memanfaatkan video-video islam yang menceritakan kisah-kisah islami dan riwayat hduo para panglima islam yang menaklukkan berbagai negeri, seperti film tentang Muhammad Al-Fatih, Sindbad, ar-Risalah dan lain sebagainya. Video-video ini bisa kita simpan ke dalam sebuah flashdisk agar nantinya dapat dilihat di laptop atau gadget lainnya.
Berikut beberapa langkah yang bisa kita bagikan dalam mengataasi karakter anak yang sangat suka meniru. Berepa langkah lain juga bisa di baca ditulisan sebelumnya mengenai Cara Mengenal Karakteristik Anak


EmoticonEmoticon